Selasa, 05 Maret 2013

Patty Hearst

Patricia Campbell Hearst Shaw (20 Feb 1954) adalah cucu dari William Randolph Shaw - raja media. Patty Hearst terkenal sebagai turunan jutawan, aktris film, model, korban penculikan dan akhirnya juga perampok bank.

Pada tahun 1974 Patty yang masih berumur 19 tahun, diculik oleh gerilyawan SLA (Symbionese Liberation Army) pimpinan Donald DeFreeze di apartemennya di Berkeley, California. Dua bulan kemudian kamera di Hibernia Bank, San Fransisco merekam aksinya merampok bank sambil menodongkan senjata M1 dan meneriakkan perintah kepada para nasabah bank. Aksi di bank ini berhasil mengambil lebih dari $10,000. Saat beralih menjadi anggota SLA dia merubah namanya menjadi Tania.



Akhirnya dia ditangkap bersama dengan anggota SLA lainnya. Di pengadilan, pengacaranya berusaha melepaskan gadis cantik ini dari hukuman dengan alasan bahwa penculik telah mencuci otaknya. Tetapi hukuman 35 tahun penjara tetap dijatuhkan pada Maret 1976.

Setelah dua tahun di penjara, Presiden Jimmy Carter meringankan hukuman beliau menjadi 7 tahun, dan akhirnya Presiden Bill Clinton memberikan pengampunan dan melepaskannya dari penjara pada 20 Januari 2001.

Kisah Patty ini kemudian dipelajari oleh para psikolog sebagai contoh dari Stockholm Syndrome, di mana orang yang diculik beralih menyintai penculiknya. Dalam hal ini mencintai aliran politiknya.

0 komentar:

Posting Komentar