Selasa, 12 Maret 2013

30 TAHUN SEPERTI 14 TAHUN - XIA DA



Xia Da(夏达), seorang seniman manga Cina, menjadi populer di Asia, terutama di Jepang dan Cina. Selain karya yang manga yang bagus, popularitasnya juga dapat dikaitkan dengan citra dirinya yang imut dan menarik. Dia lahir di tahun 1981, terlihat dia jauh lebih muda dari usia sebenarnya. 
Xia Da mulai menggambar kartun dan penerbitan karyanya ketika dia di sekolah tinggi. Pada tahun 2008, karyanya Zi ZiYu (子不语) dianugerahi medali emas di Golden Dragon Award 5. Pada tahun 2009, Zi Bu Yu sangat direkomendasikan oleh kedua dicatat kartunis Jepang Matsui Eimoto (松井荣元) dan Shigeki Yukio (茂木行雄), pemimpin redaksi penerbit terbesar di Jepang, Shueisha Inc Sampai sekarang, Zi Bu Yu telah dipublikasikan dalam majalah kartun Langsung atas Jepang Ultra untuk lebih dari satu tahun. Zi Bu Yu adalah manga asli pertama kali diciptakan oleh seorang seniman Cina, dan masuk ke pasar Jepang dengan popularitas.

Zi Bu Yu menceritakan sebuah kisah yang melibatkan banyak budaya tradisional Cina. Seorang gadis berusia sembilan tahun bergerak ke sebuah gunung dengan orangtuanya; ia melihat dunia dari perspektif anak-anak. Cerita mengekspresikan tema bahwa orang-orang harus menghormati orang lain dan alam. Seorang kartunis Cina, Yao Fei La (姚非拉) dijelaskan Zi Bu Yu sebagai cerita yang benar-benar menyentuh dan inspiratif, meskipun itu topik serius, Xia Da ditangani dengan baik dengan cara yang tulus dan murni. Lain kartunis Jepang Kinjoo (金城) kata Zi Bu Yu adalah sebuah cerita Cina dengan ekspresi artistik Jepang.



Selama waktu Zi Bu Yu diterbitkan di Ultra Jump, Xia Da tidak mendapatkan banyak publisitas. Hanya sampai saat ini, ketika foto-fotonya yang ditampilkan secara online, dia langsung menjadi favorit Jepang. Penggemar pikir dia lebih cantik dari bintang film banyak. Yao Fei La, yang membantu menerbitkan Zi Bu Yu, mengatakan publisitas luas Xia Da karena foto tidak terkena apa yang mereka awalnya ingin. Namun, jika ini membantu Zi Bu Yu mendapatkan penonton lebih banyak dan membiarkan lebih banyak orang memahami upaya yang luar biasa Xia Da dimasukkan pada pekerjaannya, publikasi ini dapat berubah menjadi hadiah.
 

 

0 komentar:

Posting Komentar